Wah-wah lama juga tidak posting artikel baru, waktu memang belum memberi kesempatan nih! (hehesengihnampakgigi sok sibuk). Ok langsung saja! Pada postingan sebelumnya saya pernah menulis tentang greasemonkey. Hayo lupa ya? atau malah belum baca? bagi yang lupa apalagi belum membaca silahkan dibaca dulu postingan saya tentang greasemonkey . Kalau sudah ayo kita lanjutkan!

Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang Greasefire. Yaitu sebuah add-0ns firefox yang bertugas mengumpulkan script-script yang tersedia saat kita mengunjungi suatu halaman tertentu di internet. Untuk menggunakannya kita harus menginstall greasemonkey terlebih dahulu, karena itulah tadi saya menyarankan untuk membaca postingan tentang greasemonkey terlebih dahulu sebelum membaca artikel ini sengihnampakgigi. Untuk menggunakan greasefire terlebih dahulu kita install di firefox kita, cara installnya sama persis saat kita menginstall greasemonkey.

Terus bagaimana cara menggunakannya ? Tenang, di bawah ini saya jelaskan cara menggunakan greasefire.

  • Setelah greasefire terinstall klik kanan icon greasemonkey.
greasefire
  • Pada pilihan paling atas ada tulisan "[jumlah script] script available" atau "no scripts available". Sebagai contoh begini, jika saya membuka halaman untuk menambah posting baru pada blogger yaitu http://www.blogger.com/post-create.g? maka, jika kamu perhatikan pada greasefire akan ada kurang lebih115 script yang dapat diinstal pada halaman tersebut. Sebaliknya jika pada suatu halaman web tidak mempunyai script yang cocok untuk diinstal/tidak tersedia dalam database userscript.org maka, greasefire akan menampilkan "no script available " untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini !
greasefire
gambar penggunaan greasefire dan hasilnya
(klik gambar untuk memperbesar tampilan)
Catatan:
  1. biasanya banyak tidaknya script yang cocok tergantung dari terkenal tidaknya situs web tersebut.
  2. pada contoh di atas saya memilih script yang berfungsi menampilkan dan menambahkan emoticon yahoo untuk di gunakan sewaktu posting artikel.
  • Setelah itu klik pilihan "... script available" maka akan muncul sebuah kotak dialog yang berisi nama-nama script yang tersedia dan penjelasannya. Untuk lebih jelasnya lihat gambar!.
dialog greasefire
Jendela dialog greasefire
(klik gambar untuk memperbesar tampilan)
  • Setelah muncul silahkan memilih script yang ingin di install lalu klik tombol "install" yang berada di bagian paling bawah kotak dialog greasefire tersebut. Selesai, script siap digunakan.
Catatan : Reload halaman situs untuk melihat hasilnya
Bagaimana menarik bukan? Kita hanya tinggal membuka suatu halaman web, lalu mengecek di greasefire apakah ada script yang bisa di install untuk halaman tersebut.

Kalau ada yang masih bingung silahkan gunakan kotak komentar di bawah ini untuk saling bertukar pengalaman menggunakan greasefire.senyum




1 komentar
  1. Solusi Forum Komunitas Online Indonesia April 30, 2011 at 3:03 PM  

    nice post Gan.